Tuesday, January 18, 2011

SOLO The Spirit Of Java

Solo adalah kota budaya,aku begitu bangga akan keindahan solo.Apalagi setalah Solo berada di bawah kepemimpinan bapak Joko Widodo,Solo terlihat lebih Indah dan berbudaya.Begitu cintanya Bp Joko wi akan Solo,Sehingga belaiau menatanya dengan begitu mengaggumkan.

Untuk melihatKota Solo adalah kota budaya kalian dapat membuktikannya dengan bernagai macam event yang sering di gelar di kota ini.Mau tau apa saja kalender Event di 2011 ini?berikut adalah jadwal nya.

1.Sebentar lagi kita akan memeriahkan Tahun baru imlek,Solo akan menggelar acara yang cukup besar dan meriah untuk menyambut Tahun baru cina ini,Tepatnya pada tanggal 30 januari 2011 bertempat di Pasar Gede solo.

Acara ini akan di meriahkan dengan kirab Gunungan dari ribuan kue keranjang yang akan di kirabkan di sekitar Pasar Gede Solo.Peserta berbusana tradisional jawa dan Thionghoa mengiringi dengan membawa lampion.Untuk lebih menyemarakkannya akan di hadirkan penampilan Liong,barongsai dan kesenian lainnya.

2.Sekaten,Kata sekaten berasal dari istilah agama islam,Syahadatain atau dua kalimat syahadat.Ritual ini biasa di gelar untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.Biasanya acara ini di meriahkan dengan berbagai pertunjukkan dan di gelar pasar rakyat yang biasanya menjual barang barang tradisional.Masyarakat dari berbagai daerah biasanya datang untuk meramaikan acara sekaten ini,karena ini sudah merupakan tradisi yang wajib di kunjungi oleh masyarakat.
Tidak hanya orang dewasa,anak anak kecil juga terlihat antusias untuk mencoba seluruh wahana permainan yang ada di pasar rakyat tersebut.
Sekaten ini akan di gelar pada tgl 09 feb s/d 15 feb 2011 dan bertempat di Alun alun kraton Kasunanan Surakarta.

3.Grebeg Mulud,Acara ini adalah puncak dari perayaan sekaten sebelumnya.Masyrakat sangat mennanti nanti acara ini.Gunungan raksasa yang berisi seluruh hasil bumi di arak secara massal dari Kraton Surakarta menuju masjid Agung.Ada ritual dulu sebelum gunungan itu di bagikan kepada rakyat,Yaitu Gunungan tersebut di doakan dulu oleh abdi abdi dalem Kraton.
Masyarakat yang sudah menantikan nya pun berebut untuk mendapatkannya,karena mereka percaya kalau makanan itu akan jadi pembawa berkah buat kehidupan mereka selanjutnya.
Grebeg mulud ini akan di gelar pada tgl 16 feb 2011 di kraton Kasunanan Surakarta sampai ke Masjid Agung.

4.Solo Karnaval
Acara ini di selenggarakan dalam rangka untuk memperingati hari jadi Kota Solo yang ke 266.Arak arakan ini biasanya sangat ramai sekali,masyarakat solo selalu menantikan moment yang besar ini.Sebelum arak arakan karnaval keluar,para warga sudah memadati jalan utama Slamet Riyadi.Dan tidak ketinggalan Bpk Wali Kota dan Wawali ikut menyemarakkan dengan ikut keliling menaiki Kuda.Berbagai macam kebudayaan dan keragaman kota solo di gelar di karnaval ini.
Acara ini akan berlangsung pada tanggal 20 Feb 2011 Dan di selenggarakan di Jl.Slamet Riyadi.
Acara ini selalu sukses di gelar di setiap Tahunnya.Dan masyarakat Solo sangat bangga dengan hal ini.

No comments:

Post a Comment